Piscok panggang

ini resep ngarang ala chef Tanti yang Alhamdulillah sih ya dimakan aja sama anak kecil, dimakan juga sama bapaknya, dan tentu saja dimakan sm sang ibuk.

PhotoGrid_1421142457634

Bahan:

Roti tawar sobek-sobek kecil

PIsang potong kotak-kotak

Susu kental manis

Coklat

Keju cheddar potong kotak-kotak

Susu cair

Butter

Cara:

1. Siapkan cup tahan panas yang udah dioles margarin. Lalu tata roti sobek, pisang, keju dan coklat, Tuang susu cair sampai setengahnya. Terakhir, beri potongan butter diatasnya

2. panggang di suhu 180 derajat, ketika coklat udah terlihat meleleh aduk sedikit, lalu panggang kembali sampai susu tidak terlihat cair lagi

3. biarkan dingin.lalu simpan di lemari es, sajikan dingin

Advertisements

Tips masak daging cincang buat batita

Siapa sih yang ga kenal daging cincang alias daging giling yang banyak dijual di supermarket? Kayaknya ampir ga ada yang ga tau yaa.
Daging cincang ini biasanya jadi salah satu bahan andalan ibuk-ibuk buat anaknya. Soalnya udah dicincang jd kecil-kecil ga akan jd keras kayak daging lempengan juga.

Nahh tapi eh tapi, abis anak saya lulus makan bubur sejak 10 bulan saya agak bingung buat ngolah daging cincang ini. Seringnya hasil masakannya dilepeh sama si anak, karena agak keras. Jadi saya ga pernah kasih tumis, biasanya saya kukus campur santan atau jadi bola -bola daging.

Setelah bulan demi bulan, akhirnya saya nemu gimana cara biar daging cincang ga keras. Terus coba di praktekin ke anak bayi (yang berumur 17 bulan tapi masih doyan lepeh lepeh).  Ehh ternyata berhasiiilll.

Resepnya super sederhana
– Daging cincang
– Wortel cincang
– Bawang merah iris
– Bawang putih cincang
– Gula merah (anak saya lebih suka yg gula merah ketimbang pake kecap)
– Garam
– Merica
– Bawang daun (optional)

Caranya
1. Tumis bawang merah sampai harum, masukin bawang putih
2. Masukin daging cincang dan wortel,  tumis sekejap
3. Masukin sejimpit garem sm merica
4. Tambahin bawang daun
5. Masak sampai daging berubah warnanya dan wortel empuk

Itu resep superrr sederhanaa. Lalu dimana tips nyaa? Bukannya judulnya katanya mau ngasi tips?

Hihihi tenang pemirsa, ini dia sebaris tips daging cincang. Catat yaaa…

Jadi, kalo mau masak daging cincang, daging nya jangan dibenyek benyek terlalu lama, klo numis jangan terlalu heboh aduk aduk yang penting udah menyebar merata. Klo bikin bola bola daging atau burger, jangan terlalu lama diaduk-aduk apalagi dipadat2in, nanti hasil olahannya jadi keras. Jadi aduk daging sampe rata dengan bumbu atau bahan lainnya, udah cukup.

Yosh segitu doang tips nya ahaha, sedikit tapi mudah-mudahan bermanfaat yaa pemirsa yang budiman 😀

Oiyaaaa..
Selamat Tahun Baru 2015!!
Semoga di tahun 2015, semua nya menjadi lebih baik 🙂

Broccoli Cheese Casserole for Toddler

mtf_tDIYI_503.jpg(1)

Waktu lg jalan2 di dunia maya nemu resep ini, terus iseng cobain. Ternyata anak kecil mau makan, horeee! Saya jadi semangat buat bagi-bagi resepnya hehe. Berhubung anak kecil ga terlalu doyan rasa cheese yg terlalu kuat, udah gitu lagi doyan sama telur jd resepnya ini udah melalui sedikit penyesuaian di sana sini.

Bahan (ini takarannya kira2 doang ya):
Butter 5 sdm
Keju cheddar dan parmesan
Brokoli dua bonggol sedang
Telor 1 buah
Susu cair
Pala bubuk
Terigu 3 sdm
Garam merica

Cara :
1. Potong Brokoli jd kuntum2 kecil. Kukus /rebus sampai lunak (kadar kelunakan disesuaikan sama kemampuan anak menggigit).sisihkan

2. Lelehkan butter (saya pake yg unsalted, klo anaknya suka gurih bisa pk yg salted). Masukin terigu, aduk jgn berhenti sampai berubah warna dan harum.

3. Masukan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk (jumlah susu sesuai selera, dan tergantung banyaknya brokoli). Masukan Pala, garam, merica dan keju (saya ga pake terlalu banyak keju, dan lebih banyak pk cheddar) aduk sampai keju leleh dan bersatu dengan adonan (tekstur akhirnya jadi kayak saus agak kental sedikit)

4. Siapkan pinggan untuk memanggang. Tata brokoli dalam pinggan. Kocok telur, lalu siram diatas brokoli sambil sedikit diaduk agar merata. Lalu tuang adonan saus selagi panas diatas brokoli. Tabur keju diatasnya

5. Panggang selama kurang lebih 15 menit di suhu 200 drajat. Kalo keju atasnya belom kecoklatan bisa panggang lg bbrp menit di suhu 230 drajat

Karena brokoli agak berair klo dilamain, jd klo mau disajikan nya masih agak lama mending taro kulkas dulu. Bisa dipanasin waktu mau dihidangkan (microwave sebentar kalo mau ati2 jd kering, atau dikukus wadah tertutup tp jangan sampe air kukusan masuk ke dalem wadah) klo saya kemaren sih diangetin di ricecooker doang.

Sekiaaan, selamat mencobaa