Tempura

berhubung cuaca disini dingin banget, jadi ini blog dalam waktu dekat kayaknya bakal banyak diisi sama acara dapur mendapur dikarenakan yang empunya blog seringnya ya dirumah aja, lagipula masih agak malas ambil foto kanan kiri, maklum masih belum 100% berjiwa rela hati tinggal dimari (ahaha teuteup, ya abis gimana namanya hati ga bisa dipaksain kaan yaa)

sekarang saya mau berbagi resep gampang lagi, kali ini tempura. Bukan makanan aneh sih ya

Bahan:

– sayur yang akan dibuat tempura (saya pake wortel dan sawi putih), potong-potong lalu simpan dalam kulkas

– udang yang udah di lurusin bentuknya (taro juga dalem kulkas)

– 1/2 cup tepung beras

– 1/2 cup tepung terigu

– 1/2 sdt baking powder

– 1 telur

– 250-300 ml air es (sesuai kebutuhan, liat teksturnya jangan smp terlalu cair)

– minyak

– tepung maizena

cara:

1. balur tipis sayur dan udang dengan tepung maizena agar adonan tempura dapat menempel

2. campurkan tepung terigu,tepung beras, baking powder, telur. lalu aduk dengan air es

3. panaskan minyak

4. celupkan sayur dan udang ke dalam adonan tempura, lalu masukan satu persatu ke dalam minyak panas

5. angkat ketika sudah terlihat garing dan matang, tiriskan

ini adonan lebih kriuk klo dibikin ngedadak, saya coba taro adonan sisa di kulkas terus digoreng lg buat malem rasanya ga seenak yang siang. jadi mendingan klo bikin banyaknya dipas in aja sama yang mau dimakan. oiya tempura ini enak dimakan sama saus tempura, biar ga lupa ini sekalian resepnya:

bahan saus:

– 3 sdm soy sauce

– 1 sdm gula pasir

– 1 sdm air lemon

cara:

aduk rata semua, banyaknya bisa disesuaikan kebutuhan atau selera

lumayan sih ini mau dimakan sama anak kecil yang umurnya belom 2 tahun, tapi anaknya malah lebih suka tempura sayur nya, mungkin karena rasanya lebih manis kali yaa.

DSC_0422_1

Piscok panggang

ini resep ngarang ala chef Tanti yang Alhamdulillah sih ya dimakan aja sama anak kecil, dimakan juga sama bapaknya, dan tentu saja dimakan sm sang ibuk.

PhotoGrid_1421142457634

Bahan:

Roti tawar sobek-sobek kecil

PIsang potong kotak-kotak

Susu kental manis

Coklat

Keju cheddar potong kotak-kotak

Susu cair

Butter

Cara:

1. Siapkan cup tahan panas yang udah dioles margarin. Lalu tata roti sobek, pisang, keju dan coklat, Tuang susu cair sampai setengahnya. Terakhir, beri potongan butter diatasnya

2. panggang di suhu 180 derajat, ketika coklat udah terlihat meleleh aduk sedikit, lalu panggang kembali sampai susu tidak terlihat cair lagi

3. biarkan dingin.lalu simpan di lemari es, sajikan dingin

Sarikaya

Masih edisi cemilan anak batita soalnya ibuknya (masih) lagi rajin bikin cemilan. Tujuan utama sih mencari peruntungan makanan apa yang dimakan hap hap sama anak kicik

Resep kali ini teuteup resep gampang, yaitu sarikaya

bahan:

3 buah telur

3/4 gelas santan kental

70 gr gula pasir

70 gr gula merah (iris super tipis, sehalus mungkin)

bubuk kayu manis

cara:

1. kocok telur dan gula sampai berbusa (sekitar 3-4 menit kayaknya). masukan bubuk kayu manis dan santan. aduk rata

2. tuang ke wadah-wadah tahan panas.

3. kukus sampai mengembang dan matang (kira-kira 15 menit)

ini belum terlalu mengembang

ini belum terlalu mengembang

ini udah siap dimakan,abis mengembang terus dia kempes jadi jelek begini hehe

ini udah siap dimakan,abis mengembang terus dia kempes jadi jelek begini hehe

Mari bermain : Finger painting

Bahan:

Terigu 1/3 cup

Air 2 cup

Garam 1 sdt

Pewarna makanan

Cara:

Masak terigu, air dan garam sampai mengental (kekentalan sesuai keinginan)

Setelah masak masukan pewarna makanan, aduk

Bisa dicat di kertas biasa, ga bikin kertasnya robek kok. Saya cuma bikin satu warna. Klo punya pewarna nya banyak, adonanbisa dibagi-bagi jadi beberapa warna

Bisa dicat di kertas biasa, ga bikin kertasnya robek kok. Saya cuma bikin satu warna. Klo punya pewarna nya banyak, adonan bisa dibagi-bagi jadi beberapa warna

Ini cocok buat anak yang masih suka makanin mainannya tapi pengen main cat air. Kalo sisa, sisanya bisa disimpan di kulkas dalam wadah bertutup rapat buat main besok-besok lagi.

Anak saya agak jijikan kayaknya nih. Gak mau kotor gitu, jadi pake busa bekas puzzle. Harus sering main ini kayaknya biar ga jijikan

Anak saya agak jijikan kayaknya nih. Gak mau kotor gitu, jadi pake busa bekas puzzle. Harus sering main ini kayaknya biar ga jijikan

Selamat mencoba

Chocolate Lava Cake Rumahan

(Resep ini udah diiuji coba di dapur storitie dan berhasil dimamam sama sang bapak dan anak kecil, jadi saya berani tulis dimari hihihi.)

Waktu itu temen saya, Techa pernah upload resep semacam matcha lava cake, ternyata resepnya gampang. Jadi saya sedikit nyesuain resepnya biar jadi chocolate lava cake soalnya beruang gak suka matcha.

Resep ini cuma untuk 4 cup doang

Bahan:

125 gr chocolate (saya pake chocolate semi sweet yang buat bake )

50  gr butter (saya pake unsalted, tp klo pun salted kyny gapapa juga)

2 buah telur yang ukurannya kecil

50 gr gula pasir

50 gr tepung terigu

Cara:

1. Lelehin coklat bareng sama butter, aduk sampai meleleh sempurna. (bisa dilelehin pake microwave atau di tim di kompor, saya sih di tim, taro coklat sama butter di wadah tahan panas yang ditaro diatas air yang direbus di kompor)

2. Campur gula dan telur, lalu masukan lelehan coklat, aduk rata. Terakhir masukin terigu sampai semua tercampur rata

3. Panaskan oven 230 celcius, bagi adonan ke 4 cup tahan panas yang udah dioles margarin. (adonan ini akan mengembang waktu di panggang jadi pastikan jangan isi adonan terlalu penuh)

Continue reading

Tips masak daging cincang buat batita

Siapa sih yang ga kenal daging cincang alias daging giling yang banyak dijual di supermarket? Kayaknya ampir ga ada yang ga tau yaa.
Daging cincang ini biasanya jadi salah satu bahan andalan ibuk-ibuk buat anaknya. Soalnya udah dicincang jd kecil-kecil ga akan jd keras kayak daging lempengan juga.

Nahh tapi eh tapi, abis anak saya lulus makan bubur sejak 10 bulan saya agak bingung buat ngolah daging cincang ini. Seringnya hasil masakannya dilepeh sama si anak, karena agak keras. Jadi saya ga pernah kasih tumis, biasanya saya kukus campur santan atau jadi bola -bola daging.

Setelah bulan demi bulan, akhirnya saya nemu gimana cara biar daging cincang ga keras. Terus coba di praktekin ke anak bayi (yang berumur 17 bulan tapi masih doyan lepeh lepeh).  Ehh ternyata berhasiiilll.

Resepnya super sederhana
– Daging cincang
– Wortel cincang
– Bawang merah iris
– Bawang putih cincang
– Gula merah (anak saya lebih suka yg gula merah ketimbang pake kecap)
– Garam
– Merica
– Bawang daun (optional)

Caranya
1. Tumis bawang merah sampai harum, masukin bawang putih
2. Masukin daging cincang dan wortel,  tumis sekejap
3. Masukin sejimpit garem sm merica
4. Tambahin bawang daun
5. Masak sampai daging berubah warnanya dan wortel empuk

Itu resep superrr sederhanaa. Lalu dimana tips nyaa? Bukannya judulnya katanya mau ngasi tips?

Hihihi tenang pemirsa, ini dia sebaris tips daging cincang. Catat yaaa…

Jadi, kalo mau masak daging cincang, daging nya jangan dibenyek benyek terlalu lama, klo numis jangan terlalu heboh aduk aduk yang penting udah menyebar merata. Klo bikin bola bola daging atau burger, jangan terlalu lama diaduk-aduk apalagi dipadat2in, nanti hasil olahannya jadi keras. Jadi aduk daging sampe rata dengan bumbu atau bahan lainnya, udah cukup.

Yosh segitu doang tips nya ahaha, sedikit tapi mudah-mudahan bermanfaat yaa pemirsa yang budiman 😀

Oiyaaaa..
Selamat Tahun Baru 2015!!
Semoga di tahun 2015, semua nya menjadi lebih baik 🙂

Broccoli Cheese Casserole for Toddler

mtf_tDIYI_503.jpg(1)

Waktu lg jalan2 di dunia maya nemu resep ini, terus iseng cobain. Ternyata anak kecil mau makan, horeee! Saya jadi semangat buat bagi-bagi resepnya hehe. Berhubung anak kecil ga terlalu doyan rasa cheese yg terlalu kuat, udah gitu lagi doyan sama telur jd resepnya ini udah melalui sedikit penyesuaian di sana sini.

Bahan (ini takarannya kira2 doang ya):
Butter 5 sdm
Keju cheddar dan parmesan
Brokoli dua bonggol sedang
Telor 1 buah
Susu cair
Pala bubuk
Terigu 3 sdm
Garam merica

Cara :
1. Potong Brokoli jd kuntum2 kecil. Kukus /rebus sampai lunak (kadar kelunakan disesuaikan sama kemampuan anak menggigit).sisihkan

2. Lelehkan butter (saya pake yg unsalted, klo anaknya suka gurih bisa pk yg salted). Masukin terigu, aduk jgn berhenti sampai berubah warna dan harum.

3. Masukan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk (jumlah susu sesuai selera, dan tergantung banyaknya brokoli). Masukan Pala, garam, merica dan keju (saya ga pake terlalu banyak keju, dan lebih banyak pk cheddar) aduk sampai keju leleh dan bersatu dengan adonan (tekstur akhirnya jadi kayak saus agak kental sedikit)

4. Siapkan pinggan untuk memanggang. Tata brokoli dalam pinggan. Kocok telur, lalu siram diatas brokoli sambil sedikit diaduk agar merata. Lalu tuang adonan saus selagi panas diatas brokoli. Tabur keju diatasnya

5. Panggang selama kurang lebih 15 menit di suhu 200 drajat. Kalo keju atasnya belom kecoklatan bisa panggang lg bbrp menit di suhu 230 drajat

Karena brokoli agak berair klo dilamain, jd klo mau disajikan nya masih agak lama mending taro kulkas dulu. Bisa dipanasin waktu mau dihidangkan (microwave sebentar kalo mau ati2 jd kering, atau dikukus wadah tertutup tp jangan sampe air kukusan masuk ke dalem wadah) klo saya kemaren sih diangetin di ricecooker doang.

Sekiaaan, selamat mencobaa

Baby Milk Shake

Minggu lalu saya pernah post tentang sembelitnya Raizel yang berdampak diaper rash itu kannn, inget gaaaa? Nah selidik-selidik, gara-gara nya kayaknya sih kurang makan buah. si gara-gara ini masih berlangsung sampe sekarang. emak cantik ini sampe bingung, udah ampir semua dicoba. Mulai dari potong kecil,dibenyek, diparut, dijus, kasi susu kental manis, kasi madu, dicekokin, semuaaa gak mau.

Sampe akhirnya weekend kemaren kita makan di Mos burger, daddy beruang pesenin milkshake buat mommy yang lalu diicip-icip sama bayik lucu. ehhh doi doyan! hihawww ya udin besoknya langsung bikin di rumah.

komposisi baby milk shake nya no sugar, tapi pake susu kental manis hehe abis dia kalo ga manis ga doyan. Jadi banana sama strawberry beku diblender sama susu cair putih sama susu kental manis. raizel harus icip disendok dulu, klo menurut dia rasanya oke baru dia tunjuk gelas yang artinya “mau lagi dongs mom” baru deh dikasi straw cup nya. baru dua hari doang sih bikin ini, belom ngaruh banget juga ke masalah per pupup an. tapi yaa lumayanan kan ya setidaknya ada buah yang masuk (walau sekali minum cuma 1/4 gelas magmag, namanya juga masih pemulaa)

rencananya,, baru rencanaaa sih… sedikit-sedikit jumlah susu kental manis sama susu nya dikurangin sampe (semoga) jadi mau minum jus buah aseli tanpa campuran apa-apa. terus banyaknya jus juga (rencana nya sih) sedikit demi sedikit ditambahin. Yahh begitulah rencana indah saya, mudah -mudahan sih situasi dan kondisi mendukung jadi bisa ter realisasi. Saya itu orangnya memang penuuh rencana tapi yang bisa terealisasikan itu seiprit banget karena sikon yang ga mendukung (nyalahin sikon ahaha). Sekian dulu per baby milk shake an nya yaa, semoga klo ada emak emak cantik diluar sana yang membingungkan hal yang sama bisa nyoba solusi ini, kecuppss!

Oat cookies

Hari ini si anak makannya ogah2an lagi huhu. Terus ibuknya kembali pusing lagi. Jadi kembali ketak ketik hp nyari resep waktu lg bobokin si anak (sampe ketiduran dan kebawa mimpi hehe). Hasil ketak ketik lumayanlah dapet resep cookies buat toddler yang katanya super gampang.

Gini resepnya:
1,5 cup oat halus
1 apel blender
3 sdm olive oil
Seiprit garem
1 sdt cinnamon

Caranya:
Aduk semua rata sampe bisa dipegang dan dibentuk. Terus bentuk sesuai kepengenan. Tata di loyang yang udah dioles margarin. Terus panggang kira2 15 menit di suhu 180 derajat celcius

Hasilnya cookies bs dipegang anak, tp empuk kayak kue, rasanya juga lumayan. Mari ucapkan Alhamdulillah walau cuma dimakan dua biji hihi.

image

Walau bentuknya ga cantik tapi yang penting gak gosong :p

Keju Aroma

Hai semua, saya mau share resep cemilan mudah sekejap dan enak. Ini cemilan cocok buat pecinta keju-kejuan.
Resep ini dikasi sama Wuwu sesama busui (maacih Wuwuu). Sebagai ibu menyusui yang sering lapar diluar jam makan, kita memang harus siap sedia bahan cemilan yang mudah dan cepet.

Bahan :
Keju cheddar potong seperti stick agak tebel
Gula / susu kental manis
Kulit lumpia
Minyak goreng

Cara:
1. Taruh stick keju di sisi kiri Kulit lumpia, lalu beri susu kental manis diatasnya.
2. Gulung kulit lumpia, klo bisa sih digulung agak ketat jd ga ada udara didalemnya. Lem kulit lumpia dg susu. Lipat ujung atas dan bawah agar keju tidak bocor,  lem dengan susu.
3. Goreng di minyak api sedang, bolak balik sebentar sampai kulit kecoklatan. Jangan kelamaan nanti keju meleleh dan bocor.
4. Keju aroma siap dimamam nyam nyam nyam

Kata Wuwu kan bisa pake gula, tapi berhubung saya masih underweight jd saya pake susu aja biar gendut. Lagian kayaknya lebih enak juga. Kalo bener bikinnya, si susu bakal kayak melting waktu digigit yummy! Selamat mencobaaaa

image