Tips membersihkan setrika uap

Heylo readers, udah lamaaa banget setrika uap saya mampet. Iya setrika yang ngeluarin uap di bawahnya

(kayak gini nih persis yang saya punya)

panasonic-ni-v100-steam-iron-_1200w_-a

waktu itu mampet nya ga tau kenapa ya, pokonya sampe kecium bau gosong gt, terus lubang-lubang buat ngeluarin uapnya keliatan mampet. Pertolongan pertama waktu itu sih bersiin lubangnya dari bawah,yang keliatan dibersiin. Nah masalahnya adalah yang mampet ga keliatan, jadi selama beberapa waktu uapnya ga berfungsi.

Lalu lalu kemaren suami abis beli beberapa kemeja dan jas dan celana kain, terus saya jadi sedikit agak agak panik. Soalnya nyetrika semua per-kain-an itu kan musti kudu ati-ati banget, klo ngga, rusaklah udah semuaaa kena panas jadinya bergaris-garis mengkilap. Jadi Inget jaman saya kerja dulu yang tiap hari musti pake blazer, saya terpaksa cuci tangan setiap hariii, karena dry clean jaraknya jauh buanget dari kosan. Tapi kan klo sekarang gak mungkin yaaa, berhubung kerjaan saya udah banyak banget di rumah, yang bahkan kadang kerjaannya gak bisa kelar dalam sehari.

Nah jadi saya cari-cari garment steamer, dan kebeneran nemu ada yang diskon 30 sgd buat handheld steamer (garment steamer mini yang bisa masuk koper). Kapasitas airnya memang ga banyak tapi saya pikir kan memang cuma buat ‘baju-baju-yang-rentan-rusak-klo-saya-asal-grosok’ doang. Jadilah beberapa menit abisnemu diskonan itu dan kebeneran masih tengah malem menjelang dini hari saya tanya pendapat suami, tapi apa daya si suami cuma diam seribu bahasa alias masih bobok dan bermimpi indah. Lalu keburu terbit sang matahari yang artinya saya kembali sibuk dengan rutinitas. Sampai akhirnyaaa udah jadi nih mau beli banget banget, udah mufakat ceritanya, taunya jreeeeenggg SOLD OUT! ahahaha ya nasib, mungkin memang bukan rejeki.

Karena kesal kelewatan diskonan, jadinya lost in internet lagi tengah malem berikutnya. Kali ini saya bertekad cari cara buat benerin setrikaan saya yang mampet, setidaknya klo gak jadi punya steamer handheld harus tetep bisa setrika kemeja dengan rapi, klo jas sih liat ntar ajaahlah dipakenya juga belom tau kapan kanšŸ˜›

Berbekal tips dari internet, saya mulai bersiin si mampet sesuai instruksi. Tenyata berhasil! huhuyyy senangnya, menyetrika jadi jauh lebih lebih mudaaaahhhh dan cepattt (berlaku buat hampir semuaaa jenis baju)

jadi ini dia tips nya:

1. bersiin yang mampet yang keliatan dari luar,ati-ati ngerusak bagian dasar pemanasnya ya

2. kira-kira dulu seberapa parah mampetnya, klo parah banget: masukin pure vinegar ke dalam wadah air di setrika sampai setengah penuh, isi setengah lagi pake air biasa (distilled water lebih baik, klo ga ada pilih air yang paling jernih yang kamu punya deh). klo ga terlalu parah,vinegarnya 1/3 aja

3. nyalain setrika, nyalain uap nya, pasang panas di medium. terus setrika handuk atau lap berulang-ulang sampai dirasa uap mulai keluar lancar (klo saya sampe si air di tabungnyatinggal setengah udah mulai lancar uapnya)

4. ambil rak besi untuk oven atau bagian besi di meja setrikaan, nyalakan setrika, taruh dalam posisi mendatar dan uap juga menyala, pastikan bagian lubang di bawah tidak terhalang biarkan beberapa saat (jadi maksudnya biar si uap ngalir keluar semua tanpa terhalang gitu)

5. setelah dirasa uap udah lancar keluar, matikan setrika. diamkan minimal 15 menit tapi jangan lebih dari 1 jam, lalu keluarkan cairan campuran vinegar. ganti dengan distilled water, keluarkan lagi. masukan lagi distilled water, lalu ulangi tahap 2 dan 3 dalam waktu lebih singkat (soalnya kan udah ga mampet,ini buat ngeluarin sisa vinegarnya)

6. setrika udah bisa dipake seperti sedia kala, horeeee

semoga tips ini bermanfaat yaaa buat yang ngalamin mampet-mampet kayak saya, jadi walau gak punya garment steamer yang konon katanya cihuy itu,kita tetep semangat buat nyetrika mbihihihi

Leave a Reply

