Diaper Rash

sebelum readers baca lebih jauh, mau kasi tau dulu klo tulisan kali ini agak vulgar karena bahasannya kan tentang diaper rash.

Beberapa hari kemaren anak saya agak susah pupup. makannya padahal lagi lahap2nya banget cuma memang lagi ogah2an aja makan buahnya. Jadi efeknya adalah hari-hari kemarin diisi dengan pup kambing. Yoi, pup anak saya cuma menyerupai sebiji kelereng warna item, atau kalo lagi lumayanan kelerengnya jadi agak banyak. Kalo udah kelereng2an gt itu tandanya si anak lg sembelit. Nah, gara-gara cuma kelereng kadang jadi gak ketauan klo dia pupup kan, jadi si pupup lama bersemayam di clodi. karena dia gak ngeden, gak juga kecium bau jadi saya juga kan jadi gak gantiin clodinya lebih awal. efek sampingnya jadilah muncul rash. baru keluarnya kemaren malem, bibir pipisnya meraah banget huhu terus semalem jg tidurnya kebangun2 karena tiap pipis dia ngerasa perih (jd si kulit merahnya itu perih klo bersentuhan sm pipis, dikenainair aja dia meringis huhu)

Jadilah sepagian ini saya baca sana sini, tanya sana sini, googling sana sini demi mengurangi sakitnya si anak.kasian banget abisnya,tiap dia pipis pasti dia lari ke saya sambil nangis.

akhirnya saya pilih nyobain beberapa cara ini yang menurut logika saya sih bisa ngebantu,

pertama, lepas clodi jadi biar klo dia pipis langsung ganti celana,bersih lagi tanpa ada sisa amonia, walau memang jadinya si saya sedikit lebih repot karena harus bersih2 bekas pipisnya dan cucian lebih banyak. tapi buat anak sih ga ada yang namanya capek,betulkan ibuk2 yang budiman sekalian

kedua, basuh pake aer anget klo abis pipis, terus jangan dipakein celana dulu beberapa menit biar keangin2. kasi diaper cream yang ada zinc nya di bagian pinggir2 tempat pipis

abis ngelakuin dua cara ini, saya cek siang2 rashnya ternyata ga semerah td pagi (baca: mendingan). lalu si saya kepedean ngerasa udah mau sembuh, saya pakein clodi lagi double insert seperti biasa ehhhh jadinya malah ga ketauan klo dia udah berapa kali pipis, ditambah ternyata dia pupup lagi, jadinya rashnya merah lagi huhu

skr anak saya udah bobo malem, saya pakein clodi insert tipis. Udah saya siapin jg bbrp clodi insert tipis buat ganti klo malem dia kebangun (biasanya sih dia nangis malem2 karena sakit wkt pipis kayak kemaren). mudah2an abis ngelakuin langkah2 diatas, sayangnya mommy cepet sembuh yaa aminnn *kecupsss sejuta kali

update tgl 18 nov:

ternyata sehari abis lepas clodi, cuma bercelana dalem ria. si merah merah hilaaangg, horeee! dan sampe skr tiap abis mandi sore sampe selese makan, raizel ga pernah pake clodi atau pampers. biar pipisnya bisa bernafas legaaa hihi

Advertisements

Dermatitis atopik (lagi)

Rabu kemaren jadwal vaksin baby saya. Dan entah kenapa malem sebelum vaksin, lecet-lecet dan merah2 di lipatan-lipatan kulitnya terutama di leher parah banget. Dia sampe ga tenang tidurnya, mungkin karena gatal. Dan pastinya berefek saya jadi ga tidur, yaa paling cm merem beberapa menit karena harus jagain tangannya dia biar ga garuk-garuk, dan kalo garuknya udah super heboh ga bs ditahan atau dihalangin, terpaksa saya gendong. Dia bisa bobok tanpa menggaruk kalo digendong (ajaib ya). Demi anak, gapapa deh saya encok-pegel-linu semalem itu 😛

Seperti rencana semula, keesokan harinya saya dan Raizel berangkat untuk vaksinasi. Saya selalu senang ketika harus vaksin di Bandung, karena dari semua dokter yang pernah saya coba, cuma dokter ini yang mengena dihati,, sayang suami tak pernah bisa menemani,,

Jadi singkat cerita, disuntik lah baby cantik tanpa tangisan,, cuma oe-oe sekali udah gitu berenti,, oe-oenya juga bukan waktu disuntik, tp ketika selesai. terus saya konsultasi tentang kulitnya yang lagi merah parah dan agak basah,, kata dokternya kemungkinan dermatitis atopik, karena udah berulang kali kambuh,, penyebabnya bisa aja sabun, lotion dll. Katanya kalo orangtuanya punya riwayat alergi dan asma, dermatitis atopik biasanya jadi oleh2 buat anaknya.

Waktu umur masih 1 bulan, memang baby Raizel juga pernah dibilang dermatitis atopik, pemicunya waktu itu makanan saya,, parah banget deh dulu mukanya penuuh merah2,, sedih banget liatnya, tp lama-lama menyembuh, sayaa pikir dermatitis atopik itu sudah hilaang dari anak saya. Tapi kini ternyata dia datang lagi, hikss,, kata dokter, Raizel jangan pake harum2an,, lotion, detergen, sabun, shampoo, apalagi cologne,,

Jadi mulai hari ini, sabun dan lotion Raizel disuruh ganti jadi cetaphil,, mudah2an membantu, cepet sembuh ya anak kesayangan mommy :*

ini oleh-oleh dari dokter

ini oleh-oleh dari dokter