Laundry Koin

Haiii semua, tadi pagi eh siang saya sekeluarga piknik ke tempat laundry. Setelah beberapa tahun tinggal di Singapur, ini pertama kali nya loooh saya pake si laundry koin. Kenapaaa? Karena tempat drop off laundry langganan udah ga ada alias udah tutup.

Si laundry koin ini namanya WonderWash Laundromat cabang Serangoon North (iyoi masih satu daerah sama apartemen kita, mangkanya juga kemari kita). Untungnya Singapur ini banyak jalan yang wheelchair friendly yang artinya stroller friendly juga. Jadi kita kesana jalan kaki sambil gerek koper gede sama dorong stroller. Jaraknya yah lumayan sih,cuma karena adem, beratap semua (jd walau ujan ga keujanan), terus lewatin toko burung sm toko guguk jadinya gak kerasa udah sampe lagi (gak kerasa? padahal waktu naek jembatan penyebrangan aja ngos2an😛 )

DSC_0088

Ternyata kita salah jam, orang-orang doyan nyuci abis makan siang. Mungkin karena lebih bertenaga abis makan ya. jadilah kita ngantri,duduk-duduk dulu soalnya semua mesin dipake.

Gak ada kerjaan, jadi baca ini itu dulu

Gak ada kerjaan, jadi baca ini itu dulu

Untungnya kita juga udah makan siang jadi masih berenergi prima, (anak bayik gak rewel malah ikutan duduk-duduk di bawah)

Kasihan, gak kebagian tempat duduk di dalem (kebeneran sih anakbayik emang doyan duduk di tempat yang ga biasa)

Kasihan, gak kebagian tempat duduk di dalem (kebeneran sih anakbayik emang doyan duduk di tempat yang ga biasa)

Akhirnya dapet giliran juga kita, mesin cuci nya ada tiga ukuran. Ada yang 11 Kg, 16 Kg sm 20 Kg. Tadinya ngecengin yang 20 Kg biar muat semua,tapi apa daya yang kosong pertama yang 16 kilo sm 11 kilo, jadi kita pake dua.

PhotoGrid_1419489825965_1

Berapa bayarnyaa? Kalo normal gak pake softener yang kecil cuma bayar 5 sgd, yang sedeng bayar 7 sgd (jauh lebih murah dibanding jaman nge laundry dulu yang bedcover sebiji doang musti bayar 9 sgd)

ini pricelist nya,ada pilihan pake ozon yang gosipnya bisa bunuh bakteri

ini pricelist nya,ada pilihan pake ozon yang gosipnya bisa bunuh bakteri

Kalo gak punya koin, disini ada mesin buat nukerin uang kertas 2 sgd, 5 sgd sama 10 sgd jadi koins.

masukin kertas di moncong, lalu gak lama criiing koin berjatuhan dibawah

masukin kertas di moncong, lalu gak lama criiing koin berjatuhan dibawah

apa yang kita cuci? bedcover pastinya, soalnya klo cuci di mesin cuci rumah yang ukurannya pas pas an takut malah gak bersih dan bau. Sekalian juga boneka-boneka yang udah pada berubah warna karena dimainin (baca: dilempar sana sini)

Karena walau sebenernya gak terlalu berat, tapi volumenya besar jadi susyah klo pake troley lipet andalan kita, akhirnya semua diangkut pake koper ini

Karena walau sebenernya gak terlalu berat, tapi volumenya besar jadi susyah klo pake troley lipet andalan kita, akhirnya semua diangkut pake koper ini

Sekali nyuci bisa 40 menit, lumayan lama. untungnya deket ke supermarket, jadi bisa bolak balik buat jajan😛

air buangan ujan yang ngalir deres pun udah cukup ngehibur si anak kecil yang doyan air mancur (mungkin disangkanya itu emangbeneran air mancur)

air buangan ujan yang ngalir deres pun udah cukup ngehibur si anak kecil yang doyan air mancur (mungkin disangkanya itu emangbeneran air mancur)

Untung banget ini, waktu kita nge laundry tempatnya sepi.Jadi waktu anak kecil gak tahan ingin mimik, bisa mimik dengan leluasa tapi tetep ati2 soalnya ada cctv😛

Tempat laundry berasa milik pribadi

Tempat laundry berasa milik pribadi

Setelah jajan air minum dua botol, roti kismis, pisang dan susu akhirnya cucian selesai. eh belom deng, pindah ke dryer. Dryer nya bisa pilih panas yang low, medium sm high. Waktunya bebas, harganya 1 sgd per 5 menit. Dryernya guede,jadi semua cucian bisa muat di satu dryer (nunggu lagi 40 menit). Sungguh mati gaya sekali nunggu cucian ini, untungnya ada anak kecil penghibur hati.

oiya aturan disini, klo udah kelar nyuci atau ngeringin mesti langsung dikeluarin, klo ngga nanti orang lain yang mau make yang bakal ngeluarin. Jadi kita udah siap sedia waktu udah menit-menit terakhir. Bonekanya kering kerontang,tapi bedcovernya masih agak sedikit lembab. Jadi sampe rumah masih di angin-angin dulu biar kering sempurna, klo boneka langsung di vacuum soalnya mau langsung di pack.

sekian piknik natal kita di 2014. (hihihi sekarang udah ngerti kan kenapa disebut piknik, soalnya makan waktu lamaaa, seling-seling jajan ini itu, terus liat-liat ini itu juga.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s