Pergerakan janin

Seperti pada umumnya pada kehamilan, pasti ada dong saat2nya mesti cek ke dokter. Di jadwal cek ke dokter kali ini saya udah memasuki tahapan berkunjung per 2 minggu sekali, dan alhamdulillah kehamilan udah berumur 36 minggu. (Semogaa sehat teruuuss, amiinn)

Lalu apa yang di cek? Sama sih yaa seperti biasa, tekanan darah, berat badan (tp ga cek urine spt waktu di singapore). Daan ketika pertama masuk ke ruang dokter, pertanyaan pertama dokter adalah “bagaimana gerakan bayi” awww ini dia pertanyaan yang selalu membingungkan dan membuat saya galau,, dua minggu lalu, dokter Karno bilang cek gerakannya per 2 jam, jadi maksudnya setiap 2 jam harus ada gerakan (yang berdampak, tanpa sadar kerjaan saya cuma megangin perut nungguin adanya gerakan). Tp saya juga bingung, yang manaaa yg disebut gerakaaann,, kalo cuma menonjol doaang apa udah keitung gerak? *panik-panik

Jadilah waktu konsultasi kali ini saya manfaatkan buat nanya, sebenernya gimana siihhh yang namanya bergerak itu. Dan mulailah sang dokter menyirami saya dengan ilmu ke-janin-an😀

Menurut dokter Karno, gerakannya itu ada beberapa,, diantaranya:
1. Emm ingatkah kalian, kadang2 kalo lagi tidur kaki kita suka kejet2 sendiri (yg org tua jaman dulu bilang itu pertanda mau ninggiin :P), nah konon itu disebabkan otak yang ngga mengontrol gerakan kaki,, begitu pula pada bayi, karena fungsi otaknya belum mengontrol gerakan sepenuhnya jadi suka kejet2 gt yang biasa kita rasakan kayak ada gerakan teratur dan berulang2 di tempat yg sama (yg dulu awalnya saya pikir itu adalah detak jantung bayi😛 *polos )

2. Lalu gerakan lainnya, gerakan berpindah posisi,, jadi seperti ada perubahan bentuk perut kita semisal dari kanan ke kiri, atau sebaliknya, atau arah lainnya

3. Gerakan meregang,, atau seperti menendang,, yang suka kita rasain kalo tiba2 perut kita menonjol dengan hentakan,,

Yaaa begitulah kira2 penjelasan mengenai beberapa jenis gerakan janin yang sebenernya sampe skr pun saya masih bingung huehehe

20130613-102027.jpg

One thought on “Pergerakan janin

  1. waaaa.. baru tau kabar iniihh.. selamaaatt tantii semoga sehat selalu ibu dan baby nyaaa.. semoga lancar lahirannyaaa.. semoga lancar semuamuanyaaaa :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s