Enoki Beef Roll

haiii haiiii,, sekarang saya mau berbagi resep Enoki Beef Roll yang kemarin saya buat

asal muasal kenapa mesti bikin enoki beef roll adalahhh siapa lagi klo bukan suami,,

biasanya… kita selalu belanja mingguan, berjalan kaki pagi-pagi ke supermarket deket flat,, kenapa mingguan? biar sayur dan perdagingan tetep fresh tentu saja,,dan kenapa supermarket? karena pasar agak jauh, lagian supermarket disini udah buka dari jam 7 pagi, tidak memusingkan dan lebih bersihh dari pasar pastinya😛

naahh waktu lagi jalan-jalan mencari ide, giliran sayur apa minggu ini,, tiba-tiba suami mengambil enoki,, saya bukan pecinta jamur, jadi gak terlalu familiar sama rasa jamur enoki,, terus ternyata si suami katanya pengen enoki digulung beef,, humm belum pernah bikin, belum pernah denger, tapi terdengar gampang,, (dan ternyata suami juga belum pernah bikin, hanya baru denger2) okeelaahh nanti saya coba,,

kayak gini jamur enoki,, dijualnya di pack2 gitu

kayak gini jamur enoki,, dijualnya di pack2 gitu

sedang untuk dagingnya,, kebeneran di rumah, saya masih ada daging slice sukiyaki,,

biasanya dijual di supermarketnya di pack kayak gini

biasanya dijual di supermarketnya di pack kayak gini

bikin enoki beef roll ini saya dibantu sama om google,, ternyata banyakk resepnya dan satu dan lain resep cara bikinnya gak sama,, jadi saya pilih salah satu dari wikihow (karena dagingnya sepertinya akan matang semua bagian, dimana saya kan lagi gak boleh makan yang mentah2) dan sedikit saya modifikasi bumbu-bumbunya disesuaikan dengan isi kulkas😛

bahan :

8 sliced sukiyaki beef

1 pack enoki mushroom

1 sdt vinegar

1/4 sdt baking soda

1/2 sdt merica

bahan saus:

2 sdt hoisin sauce

4 sdt saus tiram

3 sdt sambal botol

3 bawang putih cincang

1 batang bawang daun

2 sdm air

2 sdt olive oil

cara membuat:

1. sliced beef direndam air yang dicampur baking soda beberapa saat, lalu cuci bersih

2. buang akar enoki, lalu cuci bersih

3. rebus air sampai mendidih, lalu masukan enoki dalam air mendidih selama 30 detik, angkat dan sisihkan

4. rebus air yang sudah dicampur merica dan vinegar sampai mendidih, lalu masukan sliced beef kedalam air mendidih selama 20 detik. ingat jangan terlalu lama, cukup sampai daging sedikit berubah warna. jika terlalu lama nanti daging mengeras dan menciut. angkat dan sisihkan.

5. mari membuat saus, tumis bawang putih dan bawang daun dengan olive oil, lalu masukan semua bahan saus kecuali air,, tumis beberapa saat lalu masukan air, masak sampai kekentalannya cukup

6. siapkan sliced beef, karena beef yang saya punya kebeneran lebar, jadi satu sliced bisa dibagi dua,, jadi ada 16 sliced beef. bentangkan memanjang di piring bersih,, taburi sedikit garam dan merica,, lalu simpan enoki diatas masing-masing potongan beef,, lalu gulung,,

7. siapkan pan anti lengket,, tuang kira2 3 sdt minyak (pilih minyak yang gak gampang terbakar),, ratakan ke seluruh permukaan pan,, lalu pan fry beef roll yang sudah ready,, sambil dioles dengan saus sesekali,, balik beef sesekali sampai semua permukaan matang dengan merata,,

8. enoki beef roll siap disajikan dengan saus

tapi tapiii,, sayangg sekaliii saya gak sempet foto penampakan hasil nyaaa, karena terlanjur masuk kedalam perut,, hihi maafkann,,

ini saya cariin dari om google,, biar kebayang ajaa gimana bentuknya,,

ini saya cariin dari om google,, biar kebayang ajaa gimana bentuknya,,

enoki beef roll ini,, enaaakkk dan sangattt gampangg sekaliii bikinnya,, paling enak itu dimakan happp sekaligus utuh,,klo dimakan sebagian-sebagian kurang sedaapp,,soalnya rasa enoki sama beef nya saling melengkapi😛

kalo ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi,, klo ada umurku panjang, boleh kita bikin ini lagi yaa suami😀

Leave a Reply

