The Maritime Experiential Museum

Saya dan suami minggu lalu berjalan-jalan ke salah satu museum di Sentosa, Singapura namanya Maritime Experiential Museum. Museum ini terletak di stasiun yang sama dengan Universal Studio, jadi ga susah nyarinya.

Museum ini masuknya ga gratis, tapi tiketnya juga ga terlalu mahal kok. Orang dewasa harganya $5, anak-anak $2.. murah kan. Sebelum masuk ke wilayah yang bertiket, kita bisa nonton film pendek gitu, jadi ada kaya mini theater, dimana layarnya ada di kapal raksasa dan kita duduk di tangga-tangga kecil yang mirip tempat duduk bioskop.

P1010967

Lihat, di tengah badan kapalnya, di bawah kepala semacam harimau itu ada kotak.Nah disitu nanti filmnya muncul, terus waktu fimnya mulai, si kepala yang diatas itu bisa gerak-gerak, mulutnya goyang-goyang

kita nonton di tangga-tangga tempat duduk persis didepan kapal ini. filmnya diputar setiap beberapa saat, dengan durasi pendek. jadi klo nungguin filmnya mulai sampe filmnya habis, ga akan lama kok.

abis liat film ini, kita masuk ke museumnya. dipintu masuk, tiket kita bakal di scan dulu barcode nya, terus tangan kita di cap tanda masuk. ada kejadian konyol waktu cap tangan ini. abis di cap, terus saya liat kok tangan saya masih polos ga ada gambar apapun yang nempel di kulit. terus saya protes ke mas2nya, klo saya belum ter-cap dengan baik. untung mas2nya baik, dia cuma senyum-senyum terus tangan saya ditaro di semacem kotak ber sinar uv gitu, eheheh ternyata cap nya baru nongol klo di sinarin mihihihi jadi malu.. lalu lantas berpikir, uih keren juga yaaa, jadi tangan kita ga belepotan tinta😛

museum ini ga terlalu besar, tapi cukup rapi. jadi isinya tentang rute perdagangan jaman dulu, armada-armada lautnya, tentang barang-barang hasil bumi yang dijual belikan,dan lain-lain. sebelum mulai penjelajahan, didepan ada semacem passport kosong gitu, kayanya buat anak kecil biar semangat liat-liatnya. walau kayanya buat anak kecil, tapi si suami tetep ngambil.

IMG-20121212-00092

Ini dia passport nya

museum ini dibagi per wilayah, yaitu Quanzhou (China), Qui Nhon (Vietnam), Palembang (Indonesia), Malacca (Malaysia), Galle (Sri Lanka), Calicut (India), Muscat (Oman),dan  Malindi (Kenya). terus apa guna si passport? jadi setiap wilayah ada tempat nge cap passportnya. serunya adalah kita harus ngecap sendiri dan capnya itu juga bukan cap tinta, tapi jadi semacem cetakan kertas gitu hasilnya kertasnya jadi membentuk gambar. ahaha si suami semangat abis ngumpulin cap ini. jadi disaat saya sibuk foto-foto, dia sibuk men-cap😛

P1010983

ini alat pembuat cap nya. kertasnya tinggal di press di alat ini

lalu, ada apa aja di museum ini? sedikit saya kasi liat foto-foto nya yaaa,,

P1010979

Patungnya mirip sm orang beneran

P1010980

ada kendi-kendi hias

barang-barang yang sering diangkut

hasil-hasil bumi yang sering diangkut oleh kapal

salah satu patung dari Vietnam

salah satu patung dari Vietnam

Patung orang Palembang, miripp banget sama orang beneran yaa

Patung orang Palembang, miripp banget sama orang beneran yaa

Foto-foto diatas adalah salah satu dari sekiaaaan banyak barang-barang yang ada disana. sebenernya saya masih punya banyak foto-foto museum ini di album flickr saya (silahkan dilihat yaa klo masi pengen liat lebih lanjut kaya apa museum ini)

Oyaaa ada satu yang menarik dari Vietnam

Water puppets

Water puppets

Disana juga ada filmnya, jadi water puppets ini semacem boneka orang-orangan yang digerakin oleh manusia tapi diatas air. si orang-orangan ini menangkap ikan dengan berbagai metoda,  lucu banget deh.

Ini waktu saya lagi nonton filmnya, lihat kan bonekanya bener-bener diatas air hihi lucu

Ini waktu saya lagi nonton filmnya, lihat kan bonekanya bener-bener diatas air hihi lucu

Yang menarik lainnya dari museum ini yaitu banyak sarana interaktif, jadi kita ga melulu cuma liat-liat. salah satunya adalah alat musik ini

P1020039didepan alat musik ini ada panel yang bisa dipilih-pilih, misalnya kita ingin gabungin suara alat musik angklung sama alat musik yang lain, nanti bunyinya keluar. seru juga buat anak  kecil belajar musik (buat anak gede yang ga ada kerjaan juga ini menarik kok:P )

waktu kita ke museum ini, kebetulan lagi ada pirates exhibitions.  jadi disana diliatin patung-patung pirates yang bener2 pernah ada di jaman dulu (yang ternyata gak mirip dengan luffy ataupun zoro ataupun nami dari buku cerita one piece :P) inilah luffy, zoro, sanji dan nami versi nyata😛

Pirates

Pirates

disana dijelasin satu-satu siapa aja mereka, tapi saya ga bisa nulisin siapa mereka disini… karena… saya lupa😛

selain pirates, ada juga si pemburu-pemburu piratesnya, kapal pirate nya, bahkan ada juga pirate yang digantung (based on real story katanya)

seru juga ternyata jalan-jalan ke museum yaaa,, sepertinya museum yang seperti ini harus diperbanyak, selain seru juga membangkitkan minat untuk berkunjung sehingga kita tidak melupakan sejarah🙂

The Maritime Experiential Museum

Resorts World Sentosa
8 Sentosa Gateway
Sentosa Island
Singapore 098269

http://www.rwsentosa.com/language/en-US/Attractions/TheMaritimeExperientialMuseum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s