Terminal Leuwi Panjang

bus1

Kemaren gw balik ke bandung dr Jakarta pake bus,, dr lebak bulus mpe terminal leuwi panjang,,

gw pengen cerita sdikit ttg leuwi panjang,,leuwi panjang ini bisa dibilang baru (**maksud baru dsini adalah baru dalam ukuran suatu bangunan,,belum sampe puluhan tahun**) dulu terminal bus ga dsini,,klo masi bisa dibilang baru seharusnya isinya juga masi kinclong ya,,tp ternyata kenyataan ngga seindah harapan,,

terminal ini dibagi dua,, sisi kanannya terminal angkot n bus kota,,sisi kirinya terminal bus antar kota,,

krn gw dr lebak bulus yang artinya beda kota,,jd gw seharusnya turun di terminal sebelah kiri,,tp td gw diturunin di ujung terminal (jd si bus nya ngga masuk ke dalem),,gw jalan dr depan jalan tempat biasanya bus masuk menuju bangunan terminalnya soalny bokap gw jemput di parkiran terminal,,

untuk mencapai bangunan itu dr jalur masuk bus cukup jauh,,krn emang shrsny si bus itu nurunin penumpangnya di dalem bukan di luar ky bus yg td gw naekin,,tp apalah daya akhirnya gw jalan kaki ke dalam (**mana ujan lagi**). sepanjang jalan ke dalam, banyak bngt kenek2 bus,,sopir taksi yang saling berebut nawarin angkutannya masing2 ke gw ,,’taksi murah’ , ‘bus langsung berangkat’,,sampe orang2 ga jelas yang manggil2 ‘neng2’ padahal jelas2 nama gw bukan neneng, mereka ngarep bngt c gw bakal balik dipanggil neneng2 gt. akhirnya smp lah gw di trotoar beratap yang kyny c emang dibikin buat pejalan kaki,,feeling gw c ini jalan lorong pasti menuju bangunan terminal nya,,jd gw lewat situ, dan ternyata dsana banyak pemandangan aneh seperti banyak yg lesehan dibawah,,ada yang makan,,ada yang tidur,,setelah ngelewatin pemandanagan2 ajaib yang menurut hemat gw seharusnya ga ada di trotoar akhirnya sampailah gw ke bangunan yg kyny c bagian belakangnya terminal,,dsana banyak toko2 yg berderet rapat ngejual aneka ria safari makanan n oleh2 bandung kyny,,

gw tau dsini gw hrs nembus toko2 ini,,krn toko2 ini adalah bagean belakang gedung,,tapiii gw bingung, ga ada papan petunjuk satupun yang bertuliskan ‘EXIT’ ato apapun yang nunjukkin klo ada jalan buat ke depan,,jd dimanakah pintu terminalnyaaaa???

setelah 20 menit hilir mudik,,

akhirnya gw keujung yang ada tulisannya WC,,ternyata dsitu ada belokan,,dan belokan itulah jalan masuk k gedung terminalnya,,

dalam gedungnya kumuh banget,,ga jelas apa rupanya dan apa gunanya,,sepintas tampak surem,,ternyata beginilah terminal bus,,serba semrawut,,padahal gedungnya udah cukup besar, klo ditata ulang pasti bisa jd gedung yang efektif dan efisien,,ato dulu terminal ini pernah bagus Cuma orang2nya aja yang ga bisa ngerawat n mempertahankannya mkny jd terbengkalai ga jelas gedungnya,,

bukankah terminal itu kaya gerbang ya,,gerbang orang2 dr luar kota untuk masuk bertamu ke kota ini,,klo gerbangnya kumuh, bukankah tamu juga jd males berkunjung?

Gate

Leave a Reply

